Memento Re-Arranged

Sekarang gw coba susun ulang urutan film Memento (2000) buat yang udah pernah nonton Memento sebelumnya tapi gak ngerti, atau ngerti tapi males jelasin ke temen yang ga ngerti2.

Film ini gw bagi jadi dua bagian, yang pertama adalah bagian full hitam putih (dari sononya) yang nyeritain soal Sammy Jankis (Stephen Tobolowsky) yang merupakan karakter khayalan Leonard (Guy Pearce).

Ternyata di videonya gw salah tulis…jadi Sammy Jankin’s 😀

Sammy Jankis adalah orang yang mengidap penyakit hilang ingatan jangka pendek. tau Dory si ikan pelupa yang di Film Finding Nemo kan? Ya kira2 kaya gitulah ribetnya. Bengong dikit terus lupa lagi ngapain.

Nah, di bagian pertama ini si Leonard lagi cerita soal penyelidikan dia ke Sammy. Perusahaan asuransi tempat dia kerja gak percaya Sammy punya penyakit itu. Dianggap pura2lah… ngehe kan?

Istri si Sammy (yg punya penyakit diabetes) juga ikut2an pengen ngetes si Sammy. Sampe suatu hari, ngetesnya kelewatan. Dia yakin si Sammy ga bakal nyelakain dia, dia minta disuntikin obat diabet dong sama si Sammy. Abis disuntik, minta disuntik lagi, Sammy nurut2 aja, wong dia lupa kok udah nyuntik… sampe akhirnya istri si Sammy tewas overdosis.

Bagian kedua adalah bagian yang bergradasi dari hitam putih ke berwarna. Di bagian ini nyeritain Leonard yang diperalat sama Teddy (Joe Pantoliano) yang udah ngebantuin Leonard balas dendam atas kematian istrinya.

Leonard diperalat karena ternyata karakter Sammy adalah cerminan dirinya dan hidupnya sendiri, termasuk penyakit yang dideritanya. Sama2 Dory, bo.

Badannya jadi penuh tato kaya diary, ke mana2 bawa catetan dan kamera polaroid buat ngingetin apa yang barusan dialamin. Sayangnya, dia lebih sering ga ngerti sendiri maksud petunjuk yang dia bikin.

Leonard ngebunuh Jimmy (Larry Finch) atas petunjuk yang dikasih Teddy. Eh, tau2 Leonard ketemu sama Natalie (Carrie-Anne Moss) yang ga kalah gilanya dalam urusan memperalat Leonard. Dia minta Leonard ngebunuh Dodd (Callum Keith Rennie) yang padahal lagi ngeburu Leonard gara2 ngebunuh Jimmy…nah loh!

Balik ke tempat pembunuhan Jimmy, Leonard yang dibakar rasa curiga pada Teddy (gara2 petunjuk2 buatannya) malah balik nyerang Teddy dan ngebunuh Teddy.

Senjata makan tuan jadinya ya?

Moral of the story : Untung kita punya kamera hp ya?

Setuju atau suka tulisan gw? Coba kasih donasi biar semangat.

Average Rating
0 out of 5 stars. 0 votes.
Gimana, keren kan? Klik di sini untuk menjaga web ini tetap hidup.

2 thoughts on “Memento Re-Arranged

Tinggalkan Balasan