Mikrolet Bisa Bikin Hati Adem Kalau…

Ribetnya diklaksonin mikrolet!

Jadi ceritanya tadi siang nih, gw lagi nyetir santai aja di sebelah kiri jalan sambil  ngarep-ngarep ada tukang gorengan jualan. Eh tapi konsentrasi gw keganggu sama suara klakson mikrolet di belakang gw… tetot…tetot!

Ngaganggu banget. Karena ngerasa gw ngehalangin dia, otomatis gw kasih jalan dong. Eh taunya doi gak nyusul, sob… malah melambat. Ya udah gw melambat lagi balik ke misi awal cari gorengan. Eh dia klakson-klakson lagi…

Kejadian ini berulang-ulang sampai akhirnya gw menyadari… “ini sih gw yg bego ga ngerti kodenya”.

Ya mungkin bukan salah mikroletnya juga yang punya klakson monophonic sih.

Dia mau nyusul… bunyinya gitu, mau cari perhatian penumpang… bunyinya gitu, nyuruh temennya gantian ngetem… tetot juga, lagi marah…bunyinya gitu juga (paling rada intens).

Gw jadi mikir, “kayanya mikrolet bisa bikin hati adem kalo klakson mereka dibikin polyphonic, alias lebih dari satu macam suara”.




Misalnya nih, buat cari perhatian penumpang, pake nada yang lebih lembut, pake dinamika Cressendo gitu deh, dari pelan ke keras. Kan mobil di depan doi jadi ga kaget, terus calon penumpang jadi nengoknya juga enak… sempet baca tujuannya. Kan enak tuh ga tau-tau salah naek, turun tengah jalan malah bikin macet.

Kalo mau nyusul nadanya agak keras, tapi tetap sopan… ya Mezzo Forte gitulah. Jagalah kenyamanan sesama pengguna jalan, kan?

Kalo buat nyuruh gantian ngetem dengan formasi ngetem mereka yang khas bersusun kaya genteng (yg belakang pasti selalu bisa kambing hitamin yang depan sebagai penyebab kemacetan), baru deh pake Fortississimo biar cepet bubar (atau malah berantem?).

Buat yang dulu bolos waktu diajarin istilah-istilah ini di sekolah, boleh liat contekannya di sini nih.

Nah, gimana… ada yang mau diklaksonin? Kalo kalkson telolet gak boleh… kalskon satu nada beda dinamika mungkin masih boleh kali? Atau udah ada larangannya juga?

Jangan dilarang dong, soalnya belom tentu ganggu juga sih. Walaupun itu emang sih…jadi biaya tambahan. Ya namanya juga wacana, sob… biasanya pada bisa dinaekin semua kalo hari libur gede.

Average Rating
0 out of 5 stars. 0 votes.
Gimana, keren kan? Klik di sini untuk menjaga web ini tetap hidup.

Tinggalkan Balasan