Anxiety Disorder Alias Gangguan Kecemasan

Anxiety Disorder Alias Gangguan Kecemasan

Reading Time: 3 minutes

Anxiety Disorder Alias Gangguan Kecemasan

Yang namanya Anxiety Disorder (AD) pasti ada sebabnya ya sob. Kalau kalian ngerasa cemas berlebihan sampai mengeluarkan keringat dingin, telapak tangan basah dan mata berkunang-kunang… Hampir bisa dipastikan kalau kalian terkena ganguan kecemasan.

Iya sih, namanya cemas itu lumrah. Apalagi kalau lu lagi enak-enakan bawa motor di trotoal dan tahu-tahu dicegat sama si Daffa. Wajar deh lu cemas dan (seharusnya) malu sama perbuatanlu. Masa pinteran anak kecil sih? Padahal belum tentu juga dia kalau nyebrang jalan pakai lampu sen. Ya gak perlulah ya, nyebrang ya tinggal nyebrang aja. Kalau belok baru pakai lampu sen.

Lalu mahluk dengan ciri-ciri gimana sampai bisa dibilang kena gangguan kecemasan alias AD?

Saya coba tulisin dengan sangat sederhana:

  • Kamu gak tahu apa sebabnya, tapi lu gelisah galau membara gitu. Sampai menimbulkan symptom kaya yang di atas tadi (mengeluarkan keringat dingin, telapak tangan basah dan mata berkunang-kunang),  jangan sampai ngeluarin feses juga sih sob. Jijay!
  • Kamu tahu sebabnya, tapi rasa cemas itu dianggap lebay sama temen-temenlu yang sotoy.

AD alias gangguan kecemasan yang seringkali datang di waktu yang tidak tepat, seringkali menjadi momok menakutkan bagi penyandangnya sehingga si pengidap makin menjauh atau dijauhi dari lingkaran pergaulannya. Ya lantaran pengidap AD iniKok Saya tau? Ya Saya juga ngerasain hal yang sama. Seringkali Saya tiba-tiba kaya anak remaja (yang tetap keren) yang parno ketemu pocong kalo lewat kuburan cina. Gimana gak parno? Udah pasti tuh pocong nyasar sob!

Meringankan Anxiety Disorder

Saya sih gak bakal pakai basa-basi dengan mengelus dadalu sambil bilang, “semua bakal berlalu”. Busslhit!

Ini adalah beberapa ritual yang biasa Saya kerjain kalau lagi cemas-cemas gitu dan parahnya, lagi gak ada akses ke obat dokter Saya dengan berbagai alasan:

Bermeditasi

Bermeditasi ini bisa bikin lu tenang dan sedikit mengalihkan perasaanlu yang tadinya gundah gulana.

Rasanya banyaklah ya tempat-tempat yang bisa sediain tempat untuk melakukan ini, seandainya lu perlu bimbingan orang lain.

Kenyataan yang Saya rasain sih… meditasi dengan bimbingan orang lain itu lebih khusyuk dan disiplin. Soalnya kita juga ga mau ganggu peserta yang lain kan?

Ya walaupun sempat di satu sesi Saya ga bisa nahan kentut waktu sedang “dalam-dalamnya” tuh meditasi. Entah udah sampe Inception level berapa.

facebook
obat pintar

Musik

Pernah denger kan kalau musik itu bisa menenangkan? Bahkan bayi di dalam perut aja bisa dikasih denger lagu-lagu klasik. Walaupun kita gak tahu juga sih sebetulnya dia menderita atau gak di dalam perut ga bisa ke mana-mana terus disetelin musik.

Saya kejebak di toilet diskotik aja rasanya gak keruan, gimana dia?

Kalau ngerasa ga punya bakat bermusik, gak apa-apa, ga usah cemas dulu. Dengerin aja cukup kok.

Untuk selanjutnya ga bakal coba lebih sering upload playlist lagu-lagu deh kalau begitu.

Bakar Adrenaline

Bakar adrenaline bisa jadi terapi buat kecemasanlu. Ada banyak pilihannya kok, mulai dari yang semurah neriakin orang yang lagi pada demo sampai nantangin truk ABRI yang lagi lewat. Eh jangan deh… kalo yang ini sih wajib cemas, bukan disorder.

bakso malang arema

Tetap harus diingat yah sob, seperti perumpamaan dokter bedah terkemuka di tulisan Saya sebelumnya. Walau makan obat, jarilu bakal tetap terjepit. Jadi usahain cari akar masalah kecemasanlu. Apakah dulu pernah jadi korban bullying, atau pernah bikin salah yang lu bingung gimana cara ngakunya soalnya udah ditinggalin pesawat Alien.

Karena, kalau gak begitu… kita bakal tetap menghadapi same old shit setiap harinya. Saya pernah nonton film horor Jepang, yg ada angin-angin motong bus gitulah. Salah satu tokoh di situ bilang, “semua udah diatur selalu begitu. Satu-satunya cara buat keluar dari lingkaran rutinitas yang membentuk kebiasaan gak bermanfaat adalah dengan melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan”.

Punya Cerita dan Tips Menarik Tentang Anxiety Disorder ini?

Mari kita saling berbagi supaya tetap semangat walaupun dijalaninnya pelaaaaaaaan banget. Tirulah keong melata. Dia itu lambat bukan berarti cepat. Udah ah…

Just my 2 cents. Wanna show me yours?

1 thought on “Anxiety Disorder Alias Gangguan Kecemasan