Cerdik Sebelum Percaya

Cerdik Sebelum Percaya

Reading Time: 2 minutes

Wah, kok mirip film A Cure For Wellness sih? Tapi jangan gitu aja percaya… orang kan dengan gampangnya percaya berita terakhir yang dia denger. Nih contoh klasiknya :

A kepada C : Saya dikhianati si B
B kepada C : Saya dari toko bunga
C kepada D : B beli bunga buat cewek lain, A dikhianati
A kepada D : padahal paginya baru beliin Saya bunga
D kepada C : Hush, itu bunga buat si A kok
C kepada D : coba Saya tanya ke si B
C kepada B : lu bilang dari toko bunga, cuy…
B kepada C : itulah masalahnya, Saya kasih tulisan buat Ci Meymey
C kepada B : Lah, terus?
B kepada C : Istri Saya namanya eNur.
A, B, C & D  : Ini contoh kok gak konstruktif amat yah?!?

Tapi ngerti kan maksudnya?

HOAX itu lebih kejam dari pembunuhan di saat2 kaya sekarang. Postingan segerombolan orang nyerbu suatu tempat dengan caption yang busuk dapet jutaan hujatan… Padahal kalo dipikir2 yah… jutaan yg ngehujat itu milih diem di balik keyboard juga toh? Perhatiin deh komen2nya… lebih sadis malah. Hoax menerbar kebencian sekaligus menanamkan kebencian. Inget Law of Attraction aja. Makin sering lu bahas hal2 keagamaan, lu bakal “ngerasa” lebih relijius. Apalagi kalo sampe bisa nasehatin orang… beuh sedapnya. Berasa beli tiket masuk surga.

Saya ga tau link Youtube di atas itu hoax yg ngebantah hoax apa bukan… yang jelas, Saya mau buktiin kalo kita cenderung percaya hal fresh yang kita dengar (walaupun pas kita cari tau…itu berita basi).

Kembali ke soal medis… Saya punya pengalaman pribadi yang mungkin ga bakal Saya bagikan kecuali ke semua penduduk bumi ini.

Jadi begini… waktu kecil, Saya ngeliat tai lalet di ubun2 adek Saya. Tai laletnya kecil, di antara rambut jadi keliatan kaya kutu anjing. Lalu Saya bilang ke adek Saya, “dek, ada kutu anjing tuh nempel di rambutlu.”

Adek Saya panik dong… dan dengan segala tipu daya, Saya berhasil meyakinkan untuk “mengoperasi” tai lalet itu. Berbekal cutter, gunting kuku dan peniti, kami pun mulai melakukan “operasi pencabutan” tersebut.

Adek : Duh, kok sakit sih ya?!?
Saya    : Iya, mungkin si kutu marah terus jadi ngegigit biar ga lepas!

Saya lupa gimana akhirnya… yg jelas sekarang adek Saya itu jadi punya pitak.

Nyambung gak?… (Calon) pasien itu dengan segala ketidaktahuannya cenderung nurut sama yg ngobatin (dokter/dukun/mantri/Saya) apalagi kalo biaya gak jadi masalah. Walaupun selalu ada resikonya.

Saya yg mengidap sakit pinggang gara2 syaraf kejepit milih operasi karena putus asa dan bosen seumu2 sakit ga kira2… Pilihannya adalah sembuh total… atau lumpuh total. Keputusan berat sih… tapi ya Saya nurut aja. Dan waktu itu Saya abis nonton film Butterfly Effect dan X-Men… so.. kursi roda okelah. Hasilnya sembuh? No No… Saya tetap sakit pinggang seperti sebelumnya. Lalu Saya googling dan nemuin bahwa ada operasi yg dilakukan sebagai placebo. WTF?!?

 

Just my 2 cents. Wanna show me yours?

1 thought on “Cerdik Sebelum Percaya