Freddy Krueger Dari Masa Ke Masa

Freddy Krueger Dari Masa Ke Masa

Reading Time: 3 minutes

Siapa gak kenal Freddy Krueger (Robert Englund), sebuah karakter maha karya Wes Craven? Yang belom kenal silahkan kenalan aja, tapi jangan lupa itung jarilu sesudahnya, soalnya jari2 tangannya itu adalah pisau cukur…hiii ngeri! Loh, ini bukannya dibintangin Johnny Depp? Hush… itu sih film Edward Scissorhands… beda! Tapi Johnny Depp juga ikutan main loh di film ini.

Freddy Krueger adalah anak dari seorang suster (tapi ga ngesot) yang diperkosa oleh buanyak banget penjahat saat kunjungan sosialnya ke sebuah penjara. Tragis memang. Ya, setiap film horror pasti ada unsur tragis di belakangnya. Sejak kecil Freddy sudah sadis, misalnya ngegeprek hamster idup2. Sama temen2nya dia dikatain sebagai “anak 1000 maniak” dengan lagu ala lullaby.

Pemunculannya di layar lebar diawali pada saat film A Nightmare on Elm Street dirilis pada tahun 1984. Wow, sudah lama juga yah? Karakter Freddy yang unik ini langsung mencuri peminat film horror. Bahkan sempet jadi nominasi film horror terbaik. Saya sendiri pertama kali tau sosok Freddy ini dari majalah Fangoria yg isinya kaya Koran Lampu Merah tapi versi film gitulah.

Apa yang bikin Freddy keren selain cakarnya yg setajam silet? Freddy bisa ngebunuh orang ketika orang berada dalam keadaan tertidur… bahkan pada saat otak sedang berada pada fase “idle”. Pokoknya, kalo ngeblank, doi bisa masuk ke mimpilu dan berbuat sesuka hatinya di mimpilu. Misalnya lu kesabet di mimpi, badanlu ada bekas sabetan pas bangun. Ditambah lagi… Freddy tuh kreatif banget ngebantai korban2nya. Gak kaya tokoh horror laen yg ngejar korbannya sambil jalan pelan2 terus maen belek.

Freddy juga gak mati2, ya lantaran Freddy bukan hidup di alam ini. Freddy sudah dibunuh dengan cara dibakar hidup2 sebelumnya sama para orangtua yang anak2nya jadi korban Freddy semasa hidup. Makanya mukanya kaya gitu… itu bukan lantaran ketumpahan pasta ya, sob… Mungkin Wes Craven memang seleranya bikin efek2 muka kaya gitu. Bandingin aja sama proyek dia yg lain, Swamp Thing.

Favorit Saya adalah seri ke-3 : Dream Warriors. Soalnya di situ salah satu karakternya adalah komikus yg bertarung sebagai superhero sama Freddy di komik bikinannya sendiri. Keren deh… tapi akhirnya dia mati juga sih.

Ga banyak perubahan tema dan penampilan dari film pertama, sampai seri A New Nightmare. Agak nyebelin sih pas nonton seri yang ini. Tapi ternyata justru penampilan Freddy di seri ini yang sesuai konsep Wes Craven yang asli. Ya udah biarin aja.

Kenapa nyebelin? Lantaran di film ini “melenceng” dari Freddy yg kita tau sebelumnya. Di sini nyeritain kalo Freddy itu tokoh fiktif yang sedang difilmkan dan sosoknya menghantui pembuatan film ini. What the…?!? Untungnya film ini bukan kontinuitas dari film2 sebelumnya, jadi lu skip aja gak masalah kok.

Bersorak-sorailah Saya ketika penampakan Freddy balik lagi di film Freddy VS Jason (2003), walau pulangnya Saya gak terlalu bahagia lantaran jagoan Saya gak hebat2 amat di sini.

Loh?

Demikianlah kisah2 Freddy Krueger menghias masa kanak2 Saya… sampai…

JEJENG!

A Nightmare On Elm Street (Reboot/2010)

Dengan tampilan baru, pemeran baru (Jackie Earle Haley), alur yang dipersingkat (tapi padat), Freddy mukanya udah facial, gak kaya pizza lagi, tapi lebih mirip kambing guling yang baru mateng. Selera humornya juga berkurang… kecuali mungkin di adegan di bawah ini.

No, just me.

Gimana menurut kalian? Tampilan dia yang mana yang paling keren?

Just my 2 cents. Wanna show me yours?