Penyebab Macet - digressingme.cool

Penyebab Macet

Reading Time: 2 minutes

Dulu ada istilah "Jakarta macet, Bogor sepi". Sekarang sih udah ga berlaku lagi. Belum lama ini Bogor malah mendapat predikat kota termacet kedua di seluruh dunia. Warga Bogor harus bangga? gaklah... itu bukan prestasi kok. Kalo predikat pertama... tuh baru prestasi.

Apa penyebab macet? Kalo menurut Saya yang ga punya ilmu dan cari referensi dulu nih ya (ini nulisnya juga di jalan tol waktu macet sih), beberapa penyebab macet adalah sebagai berikut :

  1. Orang Nyebrang.
    Ini serius loh. Waktu itu Saya sempet melalui jalan perbukitan yang jalanya kecil banget dan kalo mau belok aja kudu dibantu doa. Tiba2 dari semak2 keluar nenek2 yang langsung maen nyebrang aja. Untung Saya reflek ngerem. Kebayang gak kalo nenek itu sampe keserempet? Pasti dia bela diri bilang ,"nenek udah 80 taon nyebrang di ini ga pernah kena mobil orang!". Terus orang2 pada nontonin... jadi macet deh tuh jalanan sempit.
  2. Mobil Korlantas Pake Wiuw-wiuw.
    Maksudnya sih buat ngelancarin jalan, tapi orang2 dongo di sekitar dia yg bikin simnya nembak dan ga ngerti musti ngapain malah jadi kalang kabut dan numpuk-numpuk pepet sana-sini.
  3. Mobil Jenazah Pake Pengawalan Wiuw-wiuw.
    Sebetulnya ini ga penting2 amat sih. Keluarganya takut almarhum bakal bangkit lagi terus ngerecokin idup mereka lagi gitu? Ya gpplah bermacet2 dulu kaya sehari2 aja. Toh rombongan juga bisa dikoordinir biar ga tau2 nangisin kuburan yang salah.
  4. Perbaikan Jalan.
    Nah ini lucu... bagai buah simalakama juga. Kalo jalan dibiarin bolong, bahaya, tar orang pada ngehindar juga bikin penyempitan. Pas diperbaikin juga lucu... lobang yg mau ditutup misalnya cuma semeter. Ditutupnya jangan 8x10 meter juga sih. Itu sih bikin jalan buntu namanya.
  5. Gengsi.
    Makin mudahnya dapetin kendaraan bermotor, makin bikin kepemilikan kendaraan bermotor sebagai perstis yang lebih mudah diraih. Ujung2nya pada berlomba2 make kendaraan mereka di jalanan yang pertumbuhannya ga seimbang sama penambahan jumlah kendaraan.
  6. Efisiensi.
    Kalo yang ga gengsian buat naek kendaraan umum, ketemu kendala efisiensi. Misalnya, Saya mau beli telor di warung yang jaraknya 200m ke kanan, dan harus drop dan ambil cucian dari laundry yg karaknya 300m ke kiri. Halte angkutan umum adanya 300m ke depan, sementara angkutan umumnya harus berputar dulu sejarak 800m ke belakang. Biayanya lebih murah naik angkutan umum. Tapi kebayang kan Saya harus berapa lama gendong tuh cucian ke halte, turun di laundry, gendong cucian bersih naik angkutan umum lewat lagi, turun buat beli telor... eh cuciannya ketinggalan di angkutan umum. Jadi mending Saya bawa motor ajalah ya? Bisa sekalian bonceng temen buat bantu jinjing beban.
  7. Kecelakaan.
    Ya mirip no.1 sih... penyebabnya biasanya kalo bukan gara2 jalanan kehalang, ya gara2 orang2 kepo yang pengen nonton kecelakaan. Seru kali ya mereka pikir, soalnya kalo nonton kecelakaan itu ga mungkin ada spoilernya.
  8. Orang Maen HP.
    Pernah gak lu kesel lantaran mobil depanlu ga maju2 padahal jalanannya lowong? Coba deh lu susul, bisa jadi dia lagi maen hp tuh. Nulis status (atau bikin blog kaya Saya) soal kenapa macet...hih!
  9. Kejebak Parkiran.
    Ini juga ngeselin, sob... Pernah ga ngerasain lama banget ada di jalur yang stuck, berenti total. Padhal di lajur laen lancar2 aja. Mau mundur udah ga bisa lantaran tau2 ada mobil berenti di belakanglu, matiin lampu, terus pergi dari mobilnya. Kamu bengong dan nyadar bahwa lu kejebak di parkiran.

Setuju atau suka tulisan Saya? Coba kasih donasi biar semangat.

Just my 2 cents. Wanna show me yours?

2 thoughts on “Penyebab Macet