Thor Ragnarok Komedi Superhero

Thor Ragnarok Komedi Superhero

Reading Time: 3 minutes

Immigrant Song

Lagu inilah yang menemani aksi-aksi Thor di film Thor Ragnarok dengan beat drum yang jadi influence banyak lagu rock. Lagu yang diciptakan oleh Led Zeppelin ini menceritakan tentang Valhalla di mitologi Nordik. Ya cocoklah sama cerita Thor yang memang dewa Nordik dan gugurnya Odin yang berangkat ke Valhalla.

Kalau ngerasa pernah dengar lagu ini, gak aneh sih secara lagu ini sudah melegenda dan pernah juga dipake jadi soundtrack film lainnya. Ya mungkin pernah gak sengaja denger di film lain itu. Lagu ini ditulis tahun 1970an, wow… udah tua ya? Tapi tetap sangat groovy!

Nordik

Nordik adalah kepercayaan orang Eropa jauh sebelum Kristen memasuki tanah Eropa. Ini adalah salah satu paganisme yang memuja patung-patung dan simbol-simbol. Kayanya sebetulnya mereka juga gak atheis ya? Cuma nyembah tuhan yang berbeda aja sih. Pertanyaannya adalah, apakah sebelum jadi Kristen mereka itu kafir?

Sinopsis Thor Ragnarok

Thor yang terperangkap di belahan alam lain berusaha menyelamatkan Asgard dari Ragnarok, takdir kiamat bagi Asgard dan dari saudari yang baru diketahuinya, Hela, putri pertama dari Odin yang begitu hebatnya hingga mampu menghancurkan Mjolnir sekalipun.

Spoiler Thor Ragnarok

Film Marvel kali ini gak malu-malu buat masukin film ini ke dalam genre komedi. Ya karena kali ini kental banget nuansa komedinya baik melalui gestur ataupun celetukan-celetukannya. Bagian favorit Saya adalah ketika Valkyrie petama kali aktifin senjata di pesawatnya buat ngabisin orang-orang yang ngerubutin Thor. Betul-betul bikin, “waaaaw!”

Film dimulai dengan adegan Thor yang membiarkan dirinya tertangkap agar bisa langsung bertemu dengan Sutur, mahluk yang ditakdirkan akan menghancurkan Asgard. Dan strateginya berhasil. Sambil bercanda, walaupun sedang dalam keadaan terikat di atas lahar, Thor bertemu Sutur dan berhasil membebaskan diri setelah Mjolnir tiba di tangannya.

Mungkin kita agak bosan dengan ketergantungan Thor pada Mjolnir sehingga bisa dibilang Thor gak ada apa-apanya tanpa Mjolnir. Hal ini benar pada awalnya, tapi akan dikoreksi segera setelah dia berhasil mendapatkan pencerahan dari Odin bahwa Mjolnir bukanlah sumber kekuatannya melainkan alat bantu untuk memfokuskan kekuatannya.

Setelah itu Thor berhasil membongkar penyamaran Loki yang menyamar menjadi Odin dan mendewakan dirinya sendiri di Asgard. Caranya cukup kreatif, dia melempar Mjolnir dan memposisikan Loki di antara dirinya dan Mjolnir dan bilang ke Loki, “tahu kan kalau Mjolnir gak bakal berhenti sampai kembali ke tangan Saya?” Ya kederlah Loki, dan dia pun membuka penyamarannya yang tentu aja bikin kaget banyak orang.

Hela

Lalu Loki mengantar Thor ke tempat di mana dia menyembunyikan  jasad Odin, dan ternyata jasad itu sudah gak ada di sana. Maka muncullah Doctor Strange yang mempertemukan Thor dan Loki dengan Odin. Di sini Odin memberi petunjuk bahwa waktunya (untuk moksa) sudah tiba. Di sini Odin memberitahu bahwa ternyata Thor memiliki saudari tertua yang bernama Hela dan akan kembali begitu Odin sudah tidak ada.

Kampretnya, Odin menghilang begitu saja dan Hela pun muncul dan menghancurkan Mjolnir dengan mudahnya. Loki yang ketakutan seger meminta agar diteleport kembali ke Asgard, sayangnya Hela pun ikut nebeng ke Asgard. Di perjalanan Loki, Thor dan Hela bertarung yang menyebabkan Thor dan Loki gagal sampai ke Asgard dan malah terdampar di Sakaar.

Di sinilah Thor bertemu Hulk yang terdampar di Sakaar setelah mengasingkan diri di akhir film Avengers Age of Ultron. Ingat kan bagian dia ngambil pesawat dan pergi begitu aja di ending film itu? Dan kebetulan pula di sini ternyata ada Loki yang juga terdampar di situ. Ya pokoknya semua serba kebetulan deh.

HULK

Setelah melalui pertarungan ala Gladiator ngelawan Hulk, Thor terselamatkan dan entah gimana jadi tamu Hulk. Kamucunya di sini dikasih lihat gimana Hulk dan Banner sama-sama gak yakin Thor sebetulnya lebih milih Hulk atau Banner sebagai teman. Dengan bantuan Valkyrie, Thor dan Banner berhasil memakai pesawat yang ditunggangi Hulk buat pulang ke Asgard.

Menjelang ending film, Thor menyadari kalau Ragnarok itu gak harus dicegah tapi memang harus terjadi karena memang sudah ditakdirkan. Maka dipakailah kekuatan Sutur buat ngelawan Hela, dan rencana ini berhasil.

Kesimpulan Saya

Ya walaupun di film ini banyak yang ngeganjel, misalnya ketidaksamaan dengan di komik dan jalan cerita yang apa-apanya serba kebetulan dan serba mulus, film ini enak aja ditonton sambil santai. Gak usah kelewat dipikirinlah ya…

Just my 2 cents. Wanna show me yours?