YouiDraw Logo Creator Untuk Bikin Desain di Chromebook

YouiDraw Logo Creator Untuk Bikin Desain di Chromebook

Reading Time: 4 minutes

YouiDraw Logo Creator Untuk Bikin Desain Logo di Chromebook

YouiDraw sangat berguna buat lu yang suka bikin desain di perjalanan, atau lebih tepatnya di perjalanan dengan akses internet. Karena aplikasi ini berbasis web (bener gak ini istilahnya?), maka matilah dia kalau kita coba gunakan pada saat offline. Setidaknya itu yang Saya rasain sejak nemu aplikasi ini di Chrome Web Store.

Kesan pertama kali waktu Saya buka aplikasi ini adalah, “wow mewah”

Tampilan awal menampilkan Tips atau petunjuk penggunaan YouiDraw.

Dilengkapi dengan banyak pilihan template buat memulai desain logo. Terus terang, begitu Saya buka aplikasi ini, Saya jadi lupa sama pedoman KISS (Keep It Simple, Stupid). Jadi Saya cobain semua kemungkinan yang bisa dibikin pakai aplikasi ini.

Seperti bisa dilihat, Saya nemuin aplikasi ini waktu Googling dengan kata cari “png logo design”. Kebetulan Saya lagi misahin web ini yang tadinya ditebengin sama web rtdiSoho buat Google Adsense. Dan salah satunya yaitu dengan bebenah akun YouTube Saya yang lama banget gak terurus. Saking gak terurusnya, sampai-sampai Saya gak sadar kalau Digressingme gak punya logo (kasian yah? Jangan!).

Cara Pakainya Dengan Sekilas

Di kanan bawah ada pilihan buat ngisi objek yang lagi lu kerjain, ada tiga pilihan, yaitu:

  • Gradient (gradasi)
  • Simple (solid)
  • Artistic (efek-efekan)

Jadi misalnya lu mau bikin tulisanlu jadi berbagai gaya, di bagian tadi tempatnya.

Di sini bisa kelihatan kalau Saya mulai bikin logo dengan cara milih template yang ada lalu merubah elemen dalam template itu dengan objek yang udah disediakan sama YouiDraw. Sesudah merubah objek, baru Saya ganti fill sesuai selera (gradasi/solid/efek).

Elemen yang ada di dalam kanvas desain ditampilkan di paling bawah. Kelihatan kan kalau di desain ini Saya pakai bentuk hati dan plus, garis, tulisan “igressingme”, D kapital dan slogan.

Di bagian atas ada perkakas buat bikin desainlu makin ciamik. Wah, udah kaya aplikasi Adobe Illustrator aja ada perkakas untuk bolean (modif dua bentuk jadi satu).

Kalau tiba-tiba bingung mau ngapain, tombol Tips di kanan atas bisa lu klik setiap saat buat ngasih bantuan. Walau emang sih gak nolong-nolong banget. Jangan manja dong ah.

Setelah selesai bikin desain, lu bisa simpen hasil desain dalam empat pilihan format (SVG, PDF, PNG dan JPEG).

Lalu apa yang bakal disave? Pilihannya adalah:

  • Entire canvas (seluruh bidang kerja)
  • All Objects (Semua obyek dengan menyisakan transparansi [untuk PNG])
  • Selected Objects (Hanya objek yang terpilih)

Jadi, misalnya Saya kebetulan cuma memilih logo mark hati, maka yang tersimpan hanya ada di hatimyu.

Ke mana file bakal disimpan? Kita bisa menghubungkan Google Drive, Dropbox, YouiDraw dan media penyimpanan lokal kita dengan cara klik tombol “Choose Drive” dan login ke akun-akun penyimpanan cloud kita tersebut. Keren banget banget deh, Saya aja dengan noraknya terkaget-kaget waktu iseng pencet hotkeys cmd-S dan ternyata bisa ngesave hahaha… Kampungan!

Nah, ini asiknya.. lu cuma bisa export tanpa menyertakan watermark adalah dengan cara membuat akun premium seperti Adobe Spark dan aplikasi keren lainnya. Buat Saya sih gak masalah ya, Saya lebih pilih usung label app gratisan daripada ngebajak. Karena kita semua ujung-ujungnya perlu makan kan? :p

Buat tutorial lebih mendalam, bisa langsung klik blog app ini.

Oke deh, semoga artikel ini bisa bikin kesibukan baru buat kalian para magerers.

 

Just my 2 cents. Wanna show me yours?

1 thought on “YouiDraw Logo Creator Untuk Bikin Desain di Chromebook